Digitalisasi UMKM

Digitalisasi UMKM merupakan suatu upaya untuk mendigitalkan pemasaran produk-produk UMKM oleh pelaku UMKM. Secara mudahnya, di zaman dengan teknologi yang semakin canggih telah memudahkan para pelaku usaha dalam memasarkan dan menjual produk-produknya secara online. Pelaku usaha dapat memasarkan produknya di media-media sosial bahkan dengan memberikan informasi titik lokasi pada maps yang tersedia di media sosial, sehingga memudahkan customer untuk datang langsung ke lokasi. Sebagian pelaku usaha juga sudah tidak memerlukan lagi lapak dagangan, karena perubahan cara penjualan melalui media sosial dan Ecommerce sebagai ruang baru

Digitalisasi UMKM itu perlu tidak si?? Kenapa yaa??

Seperti namanya, digitalisasi UMKM adalah sebuah upaya agar para pelaku UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah) mulai berpindah ke ranah digital dalam kegiatan bisnisnya. Namun, meskipun gaya hidup serba digital sudah terjadi dalam berbagai lini kehidupan, tetap saja banyak pelaku UMKM yang tidak ingin digital dan masih terbiasa menjalankan bisnis secara tradisional. Padahal, dengan upaya digitalisasi UMKM, ada banyak keuntungan yang didapat seperti berikut ini:

1.Perubahan Gaya Hidup
2. Biaya Lebih Efisien
3. Pemasaran Makin Luas
4. Kualitas Produk Meningkat
5. Khalayak luas dan harga terjangkau

Serta masih banyak lagi keuntungan yang akan didapat.

Bagaimana si bentuk Digitalisasi UMKM ITU?

Bentuk dari Digitalisasi UMKM seperti dibawah ini

1.Visual (melalui penglihatan) Adalah sebuah rangkaian proses penyampaian informasi atau pesan kepada pihak lain dengan penggunaan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indra penglihatan. Komunikasi visual menkombinasikan seni, lambang, tipografi, gambar, desain grafis, ilustrasi, dan warna dalam penyampaiannya. Contohnya ialah iklan di aplikasi online shop seperti shopee, olx, tokopedia, lazada, dll.

2. Audio Visual Audio visual atau pandang dengar merujuk kepada penggunaan komponen suara (audio) dan komponen gambar (visual), dibutuhkan beberapa peralatan untuk dapat menyajikan hal ini. Film dan program televisi adalah beberapa contoh dari penyajian audio visual, contoh lain nya ialah dari story video aplikasi seperti instagram, facebook dll.

Cara Mengenalkan Produk Melalui digitalisasi

1. Melalui media Sosial, yaitu : Instgram, Youtube, Facebook, Tiktok, Whatsapp dan media lainnya
2. Market Place, yaitu : Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dsd
3. Website Toko
4. Terhubung dengan Internet 24 Jam/Hari
5. Review dan Endorsement oleh Influencer

Cara agar Produk di Minati

1. Produk harus berkualitas dan tersedia di berbagai platform
2. Deskripsi produk jelas dan menarik
3. Foto dan Video produk jelas dan terlihat profesional
4. Respon penjual cepat
5. Packing menarik dan aman

Metode pembayaran?

Metode pembayaran juga bisa COD atau dengan cara digital dengan memalui Rekening bersama, E-Wallet,Paypal, Kartu Kredit, serta Transfer Bank

Dengan semakin berkembangnya tren bisnis ke arah digital, maka alat pembayaran pun semakin bergeser ke tren cashless atau transaksi dengan uang digital. Sebagai pelaku bisnis, Anda juga harus mengakrabkan diri dengan metode pembayaran ini karena sangat penting.

Leave a Comment